Rabu, 03 April 2013

Toothless on Canvas


Terakhir kali saya menyentuh cat minyak saya adalah ketika saya melukis topeng tahun lalu. Sudah lama dan rindu rasanya  corat-coret di atas kanvas!

Buat saya ada kepuasan lebih dan tidak ternilai ketika memberikan hadiah dari hasil tangan sendiri, apalagi sesuai dengan hal yang saya sukai. Kali ini saya beride untuk membuat sebuah gambar. Berhubung si penerima hadiah adalah pecinta hewan fantasi naga, akhirnya saya memutuskan untuk menantang diri saya menggambar hewan yang belum pernah saya gambar ini. 

Toothless adalah tokoh naga di film animasi How to Train Your Dragon. Beruntung, karena si tokoh ini bukan semacam naga mengerikan seperti di tato pada kulit mas-mas berotot. Hehehe. Jadi saya tidak perlu pakai emosi untuk menghadirkan seekor naga yang sedang marah dan mengeluarkan api serta taring dari mulutnya. Hiii. 

Pertama, saya pelajari anatomi tubuh si naga ini. Ooh baiklah, ada sayap, telinga, ekor, cakar, dan detail ini itu di sekujur tubuhnya. Saya awali dengan mencoret-coret di kertas terlebih dahulu, lalu akhirnya memberanikan diri di atas kanvas. Awalnya sulit juga mendapatkan bentuk tubuh yang proporsional.

Saya tidak banyak menggunakan warna. Hanya paduan hitam dan putih untuk badannya, lalu paduan warna biru dan putih untuk langit, dengan campuran sedikit merah dan kuning.

Tantangan tersulit adalah bagian mata! Ada paduan hijau, kuning, hitam, dan titik putih, di mana ukurannya keciiil sekali. Maka saya gunakan ujung belakang kuas untuk mewujudkan detail matanya.


Proses corat-coret
Voila!

Toothless, The Dragon! Rasanya senang bukan main bisa mewujudkan tokoh animasi ini di atas kanvas! :) Hore!

Toothless

1 komentar: