Selasa, 21 Februari 2012

Ada apa dengan gadget saya?

Ada 3 barang elektronik saya yang tingkahnya sedang aneh.

  • HP saya tiba-tiba kehilangan seluruh contacts, di saat saya harus menghubungi dan dihubungi banyak pihak yang bahkan tidak seluruhnya saya kenal. Saya butuh nomor-nomor mereka! Bahkan mengirim sms atau pun menelepon tidak bisa. Akhirnya saya mengandalkan jaringan internet untuk mengirim sms melalui yahoo messenger dan chat facebook. Dan pada sore harinya HP saya kembali bisa dihubungi, tapi.... seluruh nomor tetap hilang D': Sekembalinya ke kamar kosan saya coba memasukan lagi contacts yang sempat saya back up dari HP sebelumnya. Berhasil! Meskipun ada beberapa contacts baru yang tidak tersimpan, tapi ya lumayan... Dan masalah belum berakhir. Rupanya saya harus membuka contacts dari SMS. Ketika saya buka phonebook,
Kosong....
(efek angin-angin berhembus dan suara jangkrik)


  • Laptop mati 5 menit sekali. Saya sebenarnya sudah cukup sadar dari jauh sebelumnya ada yang tidak beres dengan laptop ini. Lemotnya minta ampun, antivirus berlum terupdate, dan sepertinya bervirus. Tiba-tiba beberapa hari yang lalu keadaan semakin parah. Di tengah-tengah mengerjakan tugas kelompok yang menggunakan laptop, tiba-tiba laptop ini mati mendadak. Saya anggap biasa, saya nyalakan lagi. Lalu saya mulai mengetik, dan tiba-tiba selang 5 menit mati lagi. Begitu seterusnya sampai saya frustasi. Baiklah, saya menyerah. Saya bawa ke tempat urusan perkomputeran di kampus saya, namanya Comlabs. Saya keluarkan uang 90 ribu rupiah untuk update, upgrade windows 7, dan install beberapa program penting. Esok harinya laptop saya kembali dengan performa lebih mantap. :)
  • Hardisk eksternal tidak terbaca. Saya menyimpan seluruh hasil jepretan dan video apapun itu di hardisk eksternal saya. Kapasitas hardisk yang sebesar 500 GB sudah terisi setengahnya. Beberapa hari yang lalu saya gunakan hardisk seperti biasa di pagi hari. Malamnya ketika saya mau mengambil foto dari hardisk ini, tiba-tiba nama hardisk saya yang seharusnya "Aranti Adriarani" menjadi "Local Disk F:" dan setiap tercolok selalu minta diformat. ADA APA INI?? Saya coba tanya sana sini dan segala cara dari hasil googling hingga pukul 2 pagi, tapi hasilnya nihil.

Hilang data = Hilang harta

Terutama dengan hasil jepretan saya, hasil bertualang ke mana-mana. :( Saya menyesal belum sempat menceritakan semuanya di blog ini atau minimal memasukan foto-foto perjalanan saya ke social media. Hardisk saya belum saya coba betulkan. Saya sudah coba di Comlabs tapi mereka tidak punya softwarenya. Sarannya adalah membawanya ke Jaya Plaza di Ahmad Yani, dengan nama toko "Dokter Hardisk".

Besok-besok akan saya coba ke sana.. Semoga Pak Dokter hardisk bisa menyembuhkan dan mengembalikan data dalam hardisk saya... Aamiin.

*) Hikmah : jangan terlalu bergantung pada gadget. Backup data selalu penting, dan memasukan data ke dunia maya juga lebih aman. Selain itu jangan gaptek! (saya akui saya cukup gaptek untuk soal kaya gini -__-) Berusaha mengerti problematika gadget kita, sehingga tahu tindakan yang tepat.

Baiklah saya coba ikhlaskan dan pasrah akan kelangsungan hidup data-data di hardisk saya. Mungkin saya kurang beramal.. (introspeksi diri)

.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar