Sabtu, 25 Februari 2012

Ikrar di Tahun Pertama

Saya sedang iseng membuka grup facebook angkatan jurusan saya untuk mengepost sebuah artikel sambil melihat-lihat postingan dari teman yang lain sebelum-sebelumnya. Dan saya tertarik dengan apa yang diposting teman saya, namanya Arai. Mengutip dari temannya, yaitu sebuah ikrar yang pernah saya dan teman-teman lain lafalkan ketika kami memulai tahun pertama sebagai mahasiswa.


Kami…
Segenap mahasiswa Institut Teknologi Bandung
Demi Ibu Pertiwi, berjanji akan menuntut ilmu
Keterampilan dan watak penghayatan dengan ketekunan dan kesadaran bagi kesejahteraan bangsa Indonesia
Peri kemanusiaan dan peradaban berdasarkan Pancasila
Kami berjanji…
Akan menegakkan dan menjunjung tinggi kejujuran dan keluhuran pendidikan serta susila mahasiswa
Kami berjanji…
Akan setia pada almamater Institut Teknologi Bandung serta Bangsa dan Negara kami, Republik Indonesia
Demi itu kami mohon Tuhanku, rahmat dan tuntunan-Mu

Kami…
Segenap mahasiswa Institut Teknologi Bandung
Sadar, bahwa kami hanyalah sebagian kecil dari rakyat Indonesia
Yang berkesempatan menikmati pendidikan atas beban rakyat Indonesia
Sadar, bahwa kami dituntut untuk berperan dalam perbaikan dan pembaharuan masyarakat Indonesia
Sadar, bahwa pada pundak kami ini tertumpu harapan masa depan Indonesia
Karenanya:
Kami tidak boleh hanya memikirkan diri sendiri, harus mendahulukan kebutuhan masyarakat
Kami tidak akan menunda-nunda tindakan kami untuk berperan dan membuat perubahan mulai dari diri kami sendiri
Kami bekerja keras untuk mewujudkan harapan rakyat bangsa, dan Negara Indonesia serta almamater Institut Teknologi Bandung
Ikrar ini akan segera kami buktikan, dalam tindakan nyata dari kami


Ikrar yang diucapkan oleh mahasiswa/i ITB pertama kali di Sasana Budaya Ganesha. Terima kasih telah mengingatkannya ya :) Sejujurnya saya sudah hampir melupakan bahwa saya pernah melafalkan ini. Mungkin pada saat itu saya hanya seperti robot yang mengulang kata-kata, tanpa memaknai dan mengingatnya dalam-dalam. Ini adalah janji dan tanggung jawab.

Bismillah...

*)saya menulis ini untuk mengingatkan diri sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar