Sabtu, 16 Juni 2012

Sabtu pagi di SD Mekarsari

Sabtu pagi! Saya sudah memasuki  hari ke 6 di Desa Ponggang. Ibu Wida, istri dari Pak Agan tempat saya tinggal, adalah seorang guru di SD Mekarsari. Anaknya Yopi dan Enon, serta keponakannya Andre pun disekolahkan di sini. Karena belum ada rencana ke mana-mana pada akhir minggu tersebut, maka saya mengiyakan ajakan Bu Wida untuk ikut kegiatan di SD Mekarsari. Hore!

Kegiatan rutin pada Sabtu pagi biasanya adalah bersih-bersih sekolah. Hanya saja ada yang istimewa untuk hari ini, karena ada praktek memasak! Sebelumnya anal-anak sempat diberikan teori mengenai masakan yang akan akan dibuat, dan hari ini adalah prakteknya. Seru!

Sampai di sekolah pukul 8 pagi, anak-anak sudah terlihat sibuk dengan kelompoknya masing-masing. Siswa dibagi dalam 3 kelompok dengan 3 meja terpisah. Ketika saya datang, semua sedang sibuk memarut singkong dan kelapa. Setelah saya tanya satu persatu dan informasi tambahan dari Ibu Rohanah, salah satu guru di sini, semuanya membuat makanan berbahan dasar singkong dan kelapa dengan 3 macam, yaitu : comro (oncom di jero), miro ( mi di jero), dan misro (amis di jero). Amis artinya manis, dan jero artinya dalam. Jadi kalau saya bisa oncom di jero, berarti ada oncom di dalamnya. 

Setiap kelompok berisi belasan anak yang dibagi-bagi tugasnya. Nah, kira-kira seperti ini proses mereka menyiapkan masakannya :

Memotong-motong kayu bakar untuk bahan bakar!
Kelompok ini mengambil singkong dari kebunnya, lalu mengupasnya sendiri.
Ini adalah tim sibuk di dapur. Setelah kelapa dan  singkong diparut, dicampurkan, lalu diperas airnya agar nanti mudah matangnya.
Mari mengadon! Ini untuk adonan comro, dengan isinya yang bukan oncom ternyata. Tetapi sebagai gantinya adalah sambal tempe yang tidak kalah enak! Setelah dibentuk-bentuk, adonan berisi  oncom dijejerkan dan siap digoreng.
Mari menggoreng! Laki-laki tidak kalah lihai nih

Hore ini dia! Dari sebelah kiri searah jarum jam, misro goreng atau ketingker, comro, miro, dan misro kukus atau ketimus
Ketimus! Ini favorit saya! Enak banget! Adonan singkong-kelapa kenyal di mulut dan gula merahnya adalah padanan sempurna! :9
Waktu sudah menunjukan sekitar pukul 10, dan anak-anak melanjutkan ke rutinitas rutin seperti biasanya, bersih-bersih sekolah. Tetapi dari anak-anak ini dibagi-bagi perannya. Ada yang beres-beres peralatan masak, mengepel, dan ternyata sebagian laki-laki harus berlatih voli. Saya diajak oleh Jeri dan Jujum, si anak kelas 3 yang ternyata tim inti voli SD Mekarsari untuk menonton mereka main voli! Setelah itu saya pun bersama guru-guru lain ikut main melawan anak-anak. Hahahha. Seru!

Yeah cowok-cowok perkasa! Mengembalikan bata untuk tempat menggoreng tadi ke tempatnya.
Mengepel masal
Yaaap kira-kira begitulah aktivitas Sabtu pagi di SD Mekarsari! Dan pukul 11 siang bel pulang berbunyi. Saatnya anak-anak kembali ke rumah masing-masing. Hebat! Sangat produktif kegiatan akhir minggu anak-anak SD Mekarsari! ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar